Tuesday, October 28, 2008

Kenapa harga minyak TURUN?

REGRESSION

Kenapa harga minyak bisa turun yah?? Dulu harga satu barel USD$100, sekarang, kurang dari setengah tahun, harganya tinggal USD$66??
-Yanto-


TRANSGRESSION

Setelah menjawab kenapa harga minyak pertama kalinya bisa naik (liat blog yang ada di bawah). sekarang kita akan melihat kenapa harga minyak bisa turun lagi...

Pada tahun 2004, harga minyak hanya $30-an, dan pada akhir tahun 2007-an, harga minyak naik sampai melebihi $100, dan sekarang harga minyak tinggal $66... Kenapa yah??

Ada beberapa alasan yang membuat minyak turun terus sampai $66:
1. Turunnya permintaan di Asia (China+India)
Karena kan karena produksi di China kan turun, jadinya permintaan minyak juga menurun karena produksinya gak banyak juga, karena Permintaan turun, mereka gak mau beli minyak sebanyak dulu lagi.

Contohnya dulu China mau beli 100 barel per hari, dan persediaan hanya 90 barel, makanya harganya di naekin, tapi sekarang, China hanya mau membeli 70 Barel, dan persedian barel dari OPEC tetep 90 Barel, Jadi OPEC mempunyai kelebiahn 20 Barel. Karena gak ada yang mau, akhirnya di jual murah, makanya harganya Jatuh...

2. Harga asli Minyak
Sebenarnya harga asli satu barel minyak itu berapa sih sebenarnya sekarang itu? Menurut Pakar, satu barel minyak itu harganya hanya $50 ajah.... Masalahnya? Kenapa harganya mencapai $100 per barel?

Jadi ceritanya orang orang udah pada sadar... kalo harga saham minyak itu gak boleh ampe $100, soalnya itu gak realistik, jadinya smuanya pada mulai jual jual deh saham saham minyak-nya... Karena orang orang udah pada jual, akhirnya itu tuh sekarang harga minyak menjadi turun deh. @.@

3. PEMILU di Amerika (Salah satu faktor yang paling menarik!!!)
Beneran deh Alobert, apa sih hubungannya pemilu di Amerika ama Harga minyak turun? Lu beneran gak make sense banget deh!

Well... Kita liat satu satu. Pertama, siapa saja calan kandidat untuk menjadi presiden ke 56 di Amerika Serikat? Barrack Obama dari partai demokratik atau John McCain dari partai Republik.
Kedua, Siapa kah yang bakal menang (kemungkinan besarnya)? Barrack Obama. Lalu gimana caranya John McCain biar bisa menang?

Nb: Bapaknya George W bush (George H W Bush) itu adalah Presiden Amrik, Selain itu, dia itu juga pemilik terbesar dari 'Zapata Petroleum Corporation' > Petroleum = dia punya berusahaan minyak!!!!

Berhubung George Bush adalah presiden (ingat! Presiden sangat berpengaruh sekali), makanya mereka menjalin hubungan baik dengan negara-negara yang produksi minyak! Masalah yang di takutkan sekarang ini adalah kalau Obama menang!

Kalo Obama menang, artinya itu adalah Partai Bush + McCain (Republican) bakal kalah. Jadi strategi Bush sekarang ini adalah NEGOSIASI dgn raja minyak untuk menurunkan harga sementara, biar partainya menang. Nanti kalo partai Republican udah menang, nanti harga minyak bakal naik lagi deh!!

4. Spekulasi dari Investor, Manager, Broker
Penjelasan yang seperti dulu, (liat "kenapa harga minyak bisa TURUN"). Karena pasar minyak sekarang itu sudah menjadi pasar bebas, gak di monopoli oleh 'the Seven Sisters' lagi.

Jadi para investor berpikir kalau misalnya itu tuh, harga kedepan-nya, harga minyak bakal turun, akhirnya mereka mulai menjual menjual semua saham di minyak deh! Akhirnya turun.

5. Global Financial Crisis
Perusahaan semakin sulit untuk melakukan usaha, akhirnya mereka harus memecat karyawan mereka untuk bertahan dalam bisnis.

Masalahnya kalo karyawan dipecat, lalu mereka kehilangan pekerjaan satu satunya. Karena pekerjaan satu-satunya yang menghasilkan duit paling banyak telah gak ada, sehingga mereka tidak ada pemasukan.

Gak ada pemasukan, banyak hal bisa terjadi, siapa tau jual mobil, atau jual rumah milik dia. Karena mobil dia telah di jual, berarti dia tidak ada pengeluaran untuk bensin, yang terlihat dalam kurangnya permintaan minyak, makanya harganya menjadi turun.

Itu contoh kasus untuk satu orang, tapi kan bakal ratus-an ribu orang bakal di pecat, jadi secara keseluruhan akan mengakibatkan penurunan permintaan terhadap minyak

6. Trend-nya emang turun (Same Trading System)
Jadi kan para bank bank yang berspekulasi terhadap minyak mempunyai Sistem yang kurang lebih sama (gak 100%). Jadi contoh Bank A, Bank B, Bank C, Bank D mempunyai sistem, apabila harganya minyak turun menjadi $90 per barel, Kita harus JUAL. Dan pada saat harganya menyentuh $90, Bank A,B,C dan D menjual komoditas minyak tersebut, yang akan mengakibat kan turunnya harga minyak (Ingat, mereka berinvestasi dalam skala yang sangat besar sekali).

Lalu Bank E,F,G, dan H mempunyai sistem yang sama, apabila harga minyak menyentuh $80 per barel, harus di jual secepatnya. Lalu beneran, harganya minyak menyentuh $80, sistem otomatis di Bank E,F,G dan H langsung menjual komoditas minyak yang membuat harga minyak semakin melemah...

dan apa yang terjadi selanjutnya... Bank I, J , K, dan L mempunyai sistem yang sama dan ..... kamu tau apa yang terjadi

*Ini itu tuh mungkin saja terjadi, tapi sangat kecil sekali kemungkinannya menurut aku


MORALE

Ceteris Paribus / all other things being equal / dengan hal-hal lainnya tetap sama, Mulut berbusa kalo ngomong tentang minyak!


Alobert, pindah-ke-minyak-jenis-lain?

No comments: