Saturday, October 25, 2008

Funny Money - Part 2/2

REGRESSION

From Funny Money Part 1 :
Keuangan gue berantakan nih, gak bisa balance, In-out selalu gak balance. Gue juga gak tau nih, sebenarnya untung atau rugi nih gue?? In desperate need of Help

Bella


TRANSGRESSION

Kita bakal menggunakan TAki TAka, bola bola pelangi dan pembedaan antara "pertambahan/pengurangan, perputaran asset". Dengan itu tiga, kita akan membentuk Balance TAki TAka selalu. (asal tau cara menggunakannya).

Transaksi Satu - Masukin modal dalam bentuk UANG CASH (Bola Kuning)
bisnis kamu dapat 30 bola kuning. Itu Tambah/Kurang/Perputaran asset? PERTAMBAHAN , seperti kamu di kasih duit, tambah duit di dompet kamu. Jadi TAki tambah 30 bola kuning dan TAka tambah 30 bola hitam (TAka selalu bola hitam... ). Balance? TAki = TAka (30 = 30)

Transaksi Dua - Beli 3 Tas (dapet 3 Bola Hijau) seharga 1 bola kuning satunya (total 3 kuning).
Ini transaksi, pertambahan, pengurangan atau perputaran asset? Pengurangan karena kita berkurang bola kuning, tapi bertambah 3 bolah hijau. Jadi PERPUTARAN adalah jawabannya. Asset gak bertambah dan gak berkurang, hanya berpindah. Seperti kamu tukar Rp1,000 dengan 2 x Rp 500. Sekarang kita memiliki 27 bolah kuning dan 3 bola hijau (Total Bola TAki = 30 Bola) dan TAka masih 30 bola juga. Balance? yuppie.. (27+3 = 30)

Transaksi Tiga - Pasang iklan, seharga 2 bola kuning
Apakah ini tambah,kurang or putar? Ingatnya, seperti kamu membeli Coca-Cola? Kurang atau putar (dalam kasus ini, Bella gak bisnis Coca-cola, jadi dia berkurang.Nb: Kalo dia bisnis Coca-cola, itu bakal jadi perputaran). PENGURANGAN jawabannya, jadi 2 bola kuning berkurang, 2 bola hitam di TAka berkurang (25+3=28). masih Balance? Yes. masih

Transaksi Empat - Beli Buku dan pen (ceritanya buat nulis pembukuan), seharga 1 bola kuning
Sama kayak transaksi tiga, kalo Bella bisnis buku pen jadi putar, kalo enggak, berarti jadi PENGURANGAN, TAki bola kuning berkurang satu dan TAki bolak kanan berkurang satu (24+3=27). Masi Balance.

Transaksi Lima - Belia 5 tas lagi, seharga 1 Bola Kuning satunya (Total 5 bola kuning)
Seperti Transaksi ke dua, Karena Bella berbisnis Tas, makanya jadi PERPUTARAN asset. 5 bola kuning berkurang, dan 5 bola hijau. (19 + 8 = 27).

Transaksi Enam - Ngambil duit buat beli cemilan, 1 bola kuning
Seperti transaksi 3 dan 4, PENGURANGAN bola kuning sebanyak 1, TAki minus satu, TAka minus satu juga (18 + 8 = 26)

Stop! Sampai sini liat ga perbedaannya?? Antara Perputaran dan Kurang/Tambah.
Perputaran seperti transaksi 1 ke 2 > Totalnya semua 30 Bola, dan Transaksi 4 ke 5, total semua bola tetap 27, hanya warna bola saja yang berubah. Tapi apa bila liat transaksi 3,4 dan 6. Itu ada terjadi pengurangan, dan transaksi satu terjadi penambahan. Jadi kalo ngerti antara perputaran dan kurang/tambah.. udah cukup deh...!! sekarang sales...

Transaksi Tujuh - menjual 1 tas, seharga 3 bola kuning (ingat! modal tas kita 1 bola kuning.)
PENJUALAN(1) - INVENTORY(2) = UNTUNG(3)(atau rugi)
yang ini mesti hafal mati, gak boleh lupa... jadi penjualan 3bola, kurang modal 1 bola, sama dengan untung 2 bola kuning. Step 1. TAki kurang 1 bola hijau (kan tasnya udah kejual), Step 2. Penjualan(1) masuk TaKI, 3 bola kuning masuk TAki, Step3. Untung(3) masuk TaKA.
TAki : (18+3)+(8-1) = 28 Bola. >> Cash naik 3 bola kuning, Inventory Tas kurang 1 bola hijau.
TAka: 26+2 = 28 Bola.
Balance? yuppie....

Transaksi Delapan - Jual 4 tas seharga 2 bola kuning satunya.
TAki: (21+8) + (7-4) = 32 Bola
TAka: 28+4 = 32 Bola > Kalo gak dapet 32 bola, berarti ada yang salah

Transaksi Sembilan - Orang beli 2 tas seharga 3 bola, tapi NGUTANG dulu. jadi gak dikasih bola Kuning. dikasih Bola Piutang (bola merah).
TAki: 29 + (6) + (3-2) = 36 Bola. (6) melambangkan bola merah, artinya orang ada ngutang duit ama kita. Ini berarti PERTAMBAHAN (Akhirnya ada yang nambah juga)
TAka: 32 + 4 = 36 Bola

Transaksi Sepuluh - Orang yang ngutang bayar 5 Bola kuning. (dari transaksi sembilan)
Jadi Bola Merah Berkurang 5 dan Bola kuning bertambah 5. Ini contoh PERPUTARAN Asset, gak tambah gak kurang.

Gampangnya, Ben hutang Alex Rp10,000. Lalu Ben bayar Rp8,000. Jadinya Hutang Ben berkurang menjadi tinggal Rp 2,000 dan Uang cash-nya Alex bertambah Rp8,000. Hanya PERPUTARAN ASSET. gak tambah gak kurang.

TAki: (29+5) + (6-5) + 1 = 36 Bola
TAka: 36 Bola... Yuppiee.. masih balance kok.

Keuntungan dari cara ini:
1. Gampang di pakai, gak susah, selama logika Putar/tambah/kurang jalan oke.. smua oke deh!2. 2. Cukup menggunakan Microsoft Excel dengan beberapa Worksheet. (gak butuh MYOB)

Limitasi dari
cara ini:
1. Jgn coba2 kasih liat Profesionnal accountant! gak laku...
2. Gak bisa analisa seperti debtor turnover, Inventory turnover, debt to equity ratio.


Excel Tips:
Sheet1 = TAki TAka. A1(Tanggal), B1(Cash), C1(Piutang), D1(inventory), E1 (Sama-dengan/=), F1 (TAka). A1+B1+C1+D1 = F1, selalu mesti Balance. (G1 = Description)

Sheet2 = Cash. A1(Date), B1(Amount Rp), C1 (Description). Jadi ini adalah penjabaran Cash kamu selama kamu berbisnis.

Sheet3 = Piutang. A1(Date), B1(Amount Rp), C1 (Description). Jadi ini adalah penjabaran piutang kamu selama kamu berbisnis.

Sheet4 = Inventory... Date/Amount/Description.
Sheet5= Expense/ Pengeluaran... Date/Amount/Description. > Penting buat kontrol Pengeluaran

Sheet6 = Modal kamu... Date/Amount/Description

Sheet7 = Untung(3) - Total Sheet 5 = Net Untung Kamu...> Tau logika Laba or Ruginya! Ingat rumus Penjualan(1) - Inventory(2) = untung(3)??


MORALE


Ceteris Paribus / all other things being equal / dengan hal-hal lainnya tetap sama, Puter sana puter sini, Improvisasi sendiri adalah guru yang terbaik...... semakin banyak salah, semoga juga semakin banyak belajar dari kesalahan tersebut.


Alobert, Kok-gue-itung-gak-pake-PPN*-Yah? (GST in Aussie)

1 comment:

BELLA said...

My Goodness!! I actually UNDERSTAND what you are talking about. The analogy using the coloured balls??? THAT'S GENIUS!!
Thanks!! This is just AWESOME!!
Now I'm not gonna freak out everytime I open my Excel. This is Finance-for-Dummies Explained!!
Thanks Alobert!! \(^.^)/
-bella-