Thursday, October 23, 2008

Funny Money - Part 1/2



REGRESSION

Mo tanya, Kenapa cewe itu suka oon dalam meng-handle keuangan? Ok lah... gak semua cewe, tapi majority. Sekarang gue usaha kecil2an jualan tas, tapi keuangan gw berantakan.

Padahal cuman money in and out doank. Apa karena account jualan dan account pribadi gue sama?? Enggak juga donk? Tapi itu membingungkan gue banget men!!

Logicnya sih gue harus udah untung. Tapi gue bingung, kok in-out gak balance? Gimana caranya biar gue bisa lebih ngerti soal financing small business?? ada buku panduan step by step ga sih?

In desparate need of help!!

Bella



TRANSGRESSION


Straight to the answer, Kalo kamu menjual tas Rp.100,000 dengan modal Rp80,000. jadi kamu mesti mendebit cash sebanyak harga jual dan mencredit sales Rp100,000. Dan jangan lupa kalau kamu mesti mendebit COGS sebanyak Rp 80,000 dan sisanya di dicredit ke inventory. tapi jangan lupa menggunakan cara FIFO, gak boleh LIFO. Dengan begitu semua in-out-nya mesti balance...

Lol... Just kidding doank lagi... kalo kayak gitu mah semua orang bisa pusing sih... Sebenarnya itu, apa yang kita butuhkan yah? menghandle keuangan yang dimaksud adalah ACCOUNTING!

Sebenarnya apa sih Accounting itu? Accounting itu hanya permain-an angka angka, sehingga hasil dari permainan angka2 itu bisa memberikan informasi kepada manager, investor dan pemerintah sebagaimana sebuah perusahaan berjalan (termasuk ke kita sendiri, apakah kita udah untung ato masih rugi.)

Kenapa accounting itu susah yah? Itu karena proses Accounting panjang sekali.Dimulai dari Posting journals, Liat Accounts Balance, Adjusted account balance, lalu ke Trial Balance dan adjusted trial balance. Belum lagi annti Account massing masing harus di pindahkan ke Balance sheet (Laporan Neraca) dan PL Statement (Profit Loss). Dan jangan lupa Statement of Owner's Equity (Modal).

Well, kalo perusahaan kamu ada 10 Orang untuk urus accounting sih gpp, tapi kalo kamu hanya satu orang, kamu yang menjual, kamu yang marketing, kamu yang beli barang, semuanya kamu, saya pikir proses Accounting itu Gak butuh banget! terlalu ribet dan memakan banyak waktu. Gak bakal gue saranin pake accounting yang kayak diatas.

Yang bakal gue lakukan adalah meng-GAMPANG-kan accounting.
Pertanyaan: Pada saat kamu bilang gak balance In-Out-nya. Apanya yang gak balance? Balance Sheet gak balance, PL statement gak balance, atau Penjualan gak balance?

Untuk mempermudah, kita hanya membutuhkan satu sheet sajah, Balance Sheet (HANYA SATU BALANCE SHEET AJAH), terbagi apa ajah kah balance sheet itu?
Inggris : Asset = Liabilities + Owner's Equity
Indo : Aktiva = Kewajiban + Modal.


WARNING!! PERINGATAN!! WARNING!! PERINGATAN!! WARNING!! PERINGATAN!!

1. Yang bakal anda lihat dibawah adalah sistem pembukuan yang di buat untuk menjawab pertanyaan diatas, bukan sistem pembukuan yang complex, Semua Sistem pembukuan mesti di konsultasikan kepada Professional Accountant!!
2. Accounting yang akan dilihat TIDAK bakal diterima oleh CPA, CA, FCCA, GAAP, IFRS. Semua mereka mempunyai Standard yang sangat2 tinggi, contoh yang pake kayak, P&G, PWC, Nestle, McDonald, KFC.

Back to business:
Daripada Bikin: Asset = Liabilities + Owner's Equity
Mendingan jadi: Total Asset (TAKI) = Total Asset (TAKA).

Yup.. Total Asset = Total Asset. Bisa bikin lebih gampang lagi ga? Seperti Jeruk = Jeruk. Bisa lebih gampang apa lagi? Apa yang membedakan TAki (Total Asset tangan kiri) dan TAka (Total Asset tangan kanan)

Kita contohkan dalam Bola. Bola merah... Bola Kuning... Bola Putih... Bola Hitam... Bola Bola... Bo...La (Soalnya lebih gampang dibandingin pake Duit...)

Jadi TAki itu Setiap asset2 yang terbagi2 (dapet bola warna warni), dan TAka itu total semua asset kamu (gak peduli dalem bentuk uang, piutang, atau inventory). Taki kamu akan berwarna warni. dan Taka kamu hanya memegang satu bola, Warna Hitam (gak ada yg lain selain Hitam)

Mmmm....Apa ajah yang ada di Asset kamu? Cash on Hand (Cash di tangan), Cash at Bank (Uang di Bank), Inventory (Inventaris), Acct Receivables (Piutang), Owner's Equity (Modal).

Yang Paling Penting, sebelum pindah ke Funny Money - Part 2/2.
1. TAki dan TAka mesti selalu balance, gak boleh enggak balance
2. IMPORTANT > mesti bisa membedakan antara "Pertambahan/pengurangan asset" atau "Perputaran dalam asset itu sendiri" (part 2 akan dijelaskan) >> Very Very Importantooo...


MORALE
Ceteris Paribus / all other things being equal / dengan hal-hal lainnya tetap sama, Apapun yang terjadi, Balance Sheet segampang atau sesusah apa, Kamu gak boleh tidur apabila Kiri dan Kanan (Debit dan Credit) belum Balance.




Alobert, banyak-temen-cowo-gue-yang-gak-bisa-handle-keuangan-juga!!

1 comment:

BELLA said...

Man.. I thought that I'm TOTALLY screwed when I read the 1st paragraph. Thank goodness you made it easy for dummy like me. lol... I totally get it!! Thanks!!