Monday, October 27, 2008

Kenapa harga minyak NAIK?


REGRESSION

Kenapa harga minyak bisa turun yah?? Dulu harga 1 Barel USD$100 dolar, sekarng, kurang dari setengah tahun, harganya tinggal USD$66 Dolar??

-Yanto-


TRANSGRESSION

Pertanyaan kenapa harga minyak bisa turun itu sebenarnya harus ditanya, Kenapa harga minyak bisa naik pada pertama kalinya?

4 tahun yang lalu... 2004, harga minyak hanya $30-dollar-an. Sedangkan akhir tahun 2007, harga minyak naik dan melebihi dari USD$100 dollar.... Kenapa yah?

Ada beberapa alasan kenapa harga Minyak naik terus sampai melebihi USD$100:

1. Permintaan dan Persediaan

Ketikdakseimbangan antara permintaan dan persediaan minyak, yang menyebabkan naiknya harga minyak. Jadi contohnya, ada 10 Pembeli dan hanya ada 1 Penjual, Kalo eloe jadi penjual, apa yang bakal anda lakukan? Apakah anda akan memjual barang tersebut dengan harga permintaan yang paling tinggi atau paling rendah?

Asumsi saya, kalau penjual itu pintar, dia akan mejual barang itu dengan harga yang paling tinggi, lalu dapet Profit setinggi-tinggi. Happy deh.


Jadi kan China + Japan + negara2 asia minta 80million Barrel setiap harinya, dan total penjual yang ada hanya 70m barrel. Jadinya kan Penjual bisa minta duit lebih banyak, karena persediannya mereka gak cukup tuntuk memenuhi kebutuhan sehari2



2.Strategy dari OPEC sendiri

kan oil itu gak bisa di daur ulang, dan kalo oil di dunia habis, itu berarti kosong, gak ada oil lagi, kita gak bisa nanam oil, kayak nanam biji cabe. Jadi harganya sengaja di naikin ama OPEC. soalnya cepet atau lambat, Oil kan bakal habis, dan kenapa harganya gka di-naik-in ajah sekalian??



3. Spekulasi dari Investor
Jaman dulu, 1900-2000an tuh, Oli itu dimonopoli oleh "The Seven Sisters" (BP, ESSO, SHELL, dll). Mereka yang mengatur harga minyak tersebut, berhubung dengan perpindahan jaman dan penambahan pengetahuan dari rakyat, akhirnya harga minyak dijadikan komoditas yang disa dijual-belikan dalam pasar (pasar senen, pasar minggu). Lol.. Pasar/ Market/ Bursa Saham.

Jadi harga minyak naik terus karena investor berpikir harga minyak di kemudian hari akan naik, jadi mendingan dibeli dulu sekarang, jadi nanti ada profit di kemudian hari-nya. Jadi pada saat harga minyak masih murah, mereka membeli terus dan menyimpan terus.


4. Perang di Timur Tengah (Middle East)

Minyak datengnya dari negara apa? Saudi Arabia atau Thailand? Pilipina atau Iran? Iraq atau Vietnam? Semua raja minyak kan dari Timur Tengah.


Dan perang semuanya terjadinya di mana? Saudi Arabia atau Thailand? Pilipina atau Iran? Iraq atau Vietnam? Semua perang kan adanya di Timur Tengah juga (gak semua timur tengah)


Jadi apa hubungannya antara Perang, Timur Tengah dan Harga Oil Naik?

Contoh. Kamu adalah penjual Kertas, satu-satunya di Indonesia (contoh doank). Kamu mendapatkan kertas tersebut dari China, pada satu hati, Tiba tiba pabrik di China bangkrut dan gak bisa export kertas lagi ke kamu.


Jadinya kamu sekarang kan kekurangan kertas, kamu gak bisa beli kertas dari China lagi, jadi akhirnya kertas menjadi barang langka. Karena itu langka dan susah di dapet, harganya menjadi naik. Dulu kamu jual 1 pack Rp12,000, sekarang kamu menjual dengan harga Rp20,000


Sama seperti Kertas, Perang perang yang di Timur Tengah ini takut menghambat permintaan dunia, Kan ceritanya perang, jadinya orang2 gak kerja, jadi gak ada orang yang produksi minyak.
Jadi karena perang, dan mengurangnya persediaan dari Timur Tengah, Minyak menjadi Langka. Karena minyak langka, akhirnya harga minyak naik deh...

5. Persediaan Oil di Amerika menipis

Katanya persediaannya menipis, dan kalo habis kan ceritanya nanti rakyat2 bakal ngamuk, jadi harganya di naikin ajah, untuk menguragi biaya pembelian. Contoh sebelum naik, ada 10 Juta orang yang membeli oil, tapi setelah harga naik , yang membeli oil hanya 8 juta orang.


6. Perbedaan Politik antar negara

Jadi kan perusahaan oil terbesar ada di negara Russia, China, Iran, Venezuela, Malaysia, Brazil, dll. Russia takut kalo Venezuela bakal naikin harga, jadi Russia menaik-kan harga juga. Karena China liat Russia dan Venezuela bakal naikin harga, kenapa China gak ikut naikin harga juga? lalu keputer, Malaysia, Brazil dan Iran liat kok yang lain pada naik-kin harga, kenapa harga kita murah? Ya udah deh... Semuanya naik juga deh.... Harga Oil di dunia jadi naik deh...


Nanti bulan depan, Russia naikin harga lagi, eh, China liat Russia naikin harga, China juga ikut naikin deh.. lalu negara2 lainnya ikut..Nanti 2 bulan kedepan, Iran naik-kin harga oil, lalu di lirik ama negara2 lain dan semuanya ikut naikin juga.


Nanti beberapa bulan setelah 2 bulan kedepan, ada negara yang naikin harga dan sisanya Ikut ikut deh... Begitulah SPIRAL naik harga minyak. Persediaan gak tambah, tapi harga naik terus.


(Kenapa naikin harga? Biaya bikin minyak tambah mahal, Inflasi, Politik, dll)
Nb:Bakal lanjut ke part selanjutnya "Kenapa harga minyak TURUN?"

NB: bakal ada lanjutannya ke "Kenapa harga minyak TURUN?"


MORALE

Ceteris Paribus / all other things being equal / dengan hal hal lainnya tetap sama, Minyak, sampai detik ini adalah komoditas yang sangat berharga dan mahal, mo naek ato turun, tetep mahal.

Alobert, beli-saham-BHP??

No comments: