Saturday, October 25, 2008

Contingency Currency



REGRESSION


Sebaiknya sekarang Invest di Duit apa yah yang lebih aman? Dollar Amerika, Dollar Australia, Rupiah Indonesia, Chinese Yuan, Japanese Yen or British Pound UK?


-Anon-



TRANSGRESSION


Udah biasa-kan sekarang, kalo denger Financial Crisis, Tsunami Financial Crisis, Global Financial Crisis. Sebenarnya itu tuh mulainya tuh sejak kapan sih? [Pilih salah satu atau salah dua]

A. Sejak bank-bank di Amerika mulai pada bangkrut (WAMU, Merrill Lynch, Lehman Bros)?

B. Dikarenakan oleh Iraq War?
C. Karena George Bush?

D. Emang cycle bisnis? Kadang kita naik, kita turun, sekarang kebetulan kita di turun-nya.


Apabila Anda memilih satu atau dua dari 4 pernyataan tersebut, Apakah kita masih boleh menyimpan Dollar Amerika lagi ya??


This is the Fact!!! (Almost). Yang sekarang terjadi di Amerika,
1. Perekonomian mereka memelan,


2. Peraturan untuk bank yang sangat lemah, mengakibatkan hancurnya bank bank di Amrik.


3. Para investor sudah kehilangan duit banyak (beberapa trillions US dolar sudah lenyap dari bursa saham di Amerika).

4. 3 indikasi terbesar di US, telah turun sebanyak lebih dari 20% sejak 15 July '08 lalu,
(Dow Jones berkurang sebanyak 21.8%, NASDAQ and S&P 500 berkurang 26.5% dan 25.3%)

5. Pension/Retirement Fund/ Superannuation Funds/ Dana Pensiun di Amerika semuanya TURUN (kan mereka wajib tau fund di Saham, jadi saham turun, uang yang merka dapet juga turun lah).

6. Unemployment rate/ tingkat PENGACARA (pengangguran tanpa acara) naik di Amerika,

7. Perang Iraq, yang diperkirakan memakan biaya antara US$1.5 to US$2 Trillions (Menurut Joseph Stiglitz, pemenang nobel Prize). US 1 trillions = US$1,000,000,000,000.00 (OMG). Yang disarankan penggunaan uang itu untuk lebih baik untuk biaya rumah sakit, kesehatan dan kehidupan social lebih bagus daripada buat bayar perang iraq.

8. Utang US secara Keseluruhan (US Public Debt) sebanyak $10 Trillions = $10,000,000,000,000.00. (OMG OMG OMG) 8. US T-bill/ Treasury Bill detb (utang, yang kepada luar negeri, seperi Japan dan China), sebanyak USD$2676.00 Billion atau USD$2.67 Trillions (liat nol-nya sebanyak apa)

9. Di dunia, Negara yang terkena Financial Crisis terparah adalah Amerika (nomer 1) dan beberapa negara di bagian Eropa (contoh ICELAND).

BELIEVE IT OR NOT, Percaya gak percaya, Semua orang sekarang membeli US dolar untuk Proteksi asset mereka. Ini yang dinamakan Psikologi Manusia. Contoh gampang

Soal ulangan:

1. 1+1 = 3

2. 2+2 = 1

3. 3+4 = 4

4. 7-2 = 1

5. 9+ 1 = 100

Menurut orang orang (yang pada beli US Dollar), Itu benar dan Nilainya 100/100. BENAR SEMUANYA
TAPI, guru yang beneran bisa Math dan tidak menggunakan Psikologi untuk menilai, itu seharusnya dapet 0/100 ( karena gak ada yang bener... masa 9 tambah 1 sama dengan 100 sih? lol).

Makanya sekarang kita melihat dollar Amerika yang terus menguat, Contoh Australian Dollar melemah sebanyak 26% (yang paling parah di dunia). British Pound melemah sebanyak 12.4% dan Euro melemah sebnayak 13% terhadap Amerika Dollar. Kalo gue bilang sih.. U seperti kasih pinjem duit ama orang yang suka berjudi... All or nothing.


Jadi kenapa Amerika lagi parah parah gini, pada banyak yang beli mata uang mereka?

Amerika adalah negara SuperPower. Bener ga? Bener banget. Coba ajah pas waktu Perang dunia ke-2, yang menang Rusia, Sekarang kita pasti belajar bahasa Rusia, bukan bahasa Inggris.
Nama yang sering eloe denger bakal Prokofiev, Igor, Dimitry, Elizaveta, Marianenko, Tatyana bukan John, David, Michelle, Albert.

Apa yang akan terjadi secara jangka panjang
?? Kita udah melihat lemahnya Dollar Amerika sekarang (Yes, sekarang, pas gue lagi nulis ini Blog! 26 October jem 11.30 Malem). Karena sedikit demi sedikit, orang orang udah mulai sadar... Kalo Ulangan itu seharusnya dapet NOL, bukan dapet 100 (liat ke atas). Meraka sedikit demi sedikit bakal mulai menjual Dollar Amrik mereka dan mulai membeli balik Mata uang negara masing masing.

Apakah sekarang kita masih bisa menyembah US DOLLAR?


MORALE
Ceteris Paribus / all other things being equal / dengan hal-hal lainnya tetap sama, Semakin hancur perekonomian negara, semakin kecil/melemah mata uang negara tersebut.


Alobert, gue-ada-US-Dollar-kok!!!

1 comment:

wisnuu said...

hi g ada beberapa pertanyaan..
1.ada statement yg bilang kalo inflasi yg terlalu rendah gak bagus bwt suatu negara?itu bener ato salah ya?
2.se tw g dolar AS dan minyak itu kan harganya berbanding terbalik,jd dolar as itu yang mempengaruhi harga minyak ato harga minyak yang pengaruhin dolar AS.
Thanx bwt jawabannya y...