Thursday, November 27, 2008

Interesting Recession

REGRESSION

Sekarang ini kan dunia akan memasuki resesi ( ada beberapa negara yang sudah dalam resesi ). Apakah ada cara untuk mencegah resesi itu biar tidak terjadi?

-Yulia-

TRANSGRESSION

Untuk mengerti bagaimana terjadinya resesi itu, Kita harus melihat dengan luas, jangan hanya pada resesinya sendiri. Jadinya apa yang mesti kita lihat emanganya nih Alobert?

"The-Business-Cycle"

Business cycle itu apaan sih? jadi contoh gampangnya begini, minggu ini eleo ngidam sop buntut, lalu eloe hari senen, selala, rabu, kamis, jumat makan sop buntuk siang dan malem. lalu pas hari sabtu eloe bosen. udha gak mau sop buntut lagi, udah cukup.. lalu 2 minggu kemudian, u mulai ngidam sop buntut lagi karena udah 2 minggu gak makan.

Jadi itulah yang dinamakan cycle (perputaran) liat, ada waktu naik ada waktu turun,.. kadang kita mau ampe ngidam banget, lalu mula bosen. lalu berhenti.. setelah beberapa waktu akhirnya mulai mau makan lagi dan nanti setelah berkali kali makan akhirnya bosen lagi dan akhirnya berhenti lagi dan berputar2 terus...

Jadi business cycle itu tuh bisa di artikan seperti panas dan dingin. Kadang kadang ekonomi terlalu panas (over-heated), makanya mesti di dinginin bentar (sekarang lagi di krisis, mesti didinginin). lalu nanti kan udah mulai warm, lalu sejuk.. lalu nanti dingin.. lalu dingin banget.

Lalu karena terlalu dingin, makanya di panasin lagi, akhirnya jadi sejuk dan akhirnya panas lagi. Lalu jadi terlalu panas lagi, akhirnya di dinginkan lagi... Dan muter lagi deh prosesnya.


Proses perputaran Business cycle ada 6, yaitu;

1. Early Expansion
Di saat ini, perekonomian masih dingin, dan baru dimulai, banyak perusahaan perusahaan baru dan masih kecil mengalami keuntungan. Perekonomian di saat ini mengalami banyaknya permintaan dari berbagai jenis barang dan orang lebih mampu untuk keluar duit lebih banyak.

2. Late expansion
Di saat late expansion, perusahaan mengalami keuntungan-keuntungan besat besaran. lalu perusahaan-perusahaan kecil yang dulunya bisa bersaing akhirnya kalah. Banyak perusahaan perusahaan kecil yang bangkrut yang menyisakan monopoli pada perusahaan2 besar saja.

Di masa ini, permintaan untuk barang barang masih banyak. Pembeli masih berani keluar uang banyak untuk membeli banyak barang.

3. Peak
Ini adalah saat dimana ekonomi sudah mencapai puncak(Peak), sudah tidak dapat bertumbuh lagi. Semuanya sudah stagnan, perekonomian sudah sangat terlalu panas. Harga2 sudah terlalu mahal, tidak seimbang dengan uang yang di hasilkan

4. Early Recession (NOW)
disaat ini, perekonomian sudah memulai turun. Harga harga barang banyak yang di diskon untuk mencari peminat belanja. Banyak perusahaan yang mulai jatuh satu persatu karena tidak kuat untuk bersaing dalam industri itu. Mempertahankan bisnis sudah susah sekali dan sangat sulit untuk berkembang.

Contoh, liat apa yang terjadi sekarang, perusahaan memulai memecat karyawan karyawan untuk bertahan dalam iklim ini.


5. Late Recession (Somewhere around next year or 2 year from now on)
Banyak orang yang tidak bekerja, perekonomian sangat jelek, banyak demo dan permainan politik. Harga harga barang sudah sangat murah tapi banyak orang yang tidak beli. Banyak orang menabung uangnya daripada untuk membeli barang2.

Banyak bisnis, seperti Orchestra, ARts, Ballet, Dance sangat susah untuk bertahan, dikarenakan oleh 1. Banyak orang di PHK, 2. Gak ada duit jadinya. 3. Gak bisa beli duit buat entertaiment deh.

6. Trough
Ini adalah titik terendah(trough) dari sebuah bisnis cycle. Di saat ini, perekonomian sudah sangat dingin sekali. Orang udah pada Hopeless, cari kerjaan udah males. Bisa dibilang, ini adalah titik terdingin dari perekonomian.

7. Balik lagi ke Early Expansion lagi deh
Nb: Liat nomer 1.


Liat liat sekarang, sebenarnya kita ada dimana yah? ada orang bilang kita di Early Recession, ada orang bilang kita di Trough, sudah samapi titik terendah, ada orang bilang kita masih di Late Recession.

Opini personal aku, kita masih ada di Early recession; alasannya
1. Industri yang kena resesi itu sekarang hanyalah Bank-bank sajah selama 1 tahun kebelakang ini.

2. Lalu, baru akhir2 ini bulan lalu industri yang ke dua kena adalah Mobil/Car Industry. Belum semua industri terkena efeknya.

3. Efek dari Resesi ini hanya terasa sekali pada perusahaan perusahaan besar, Perusahaan kecil masih banyak yang masih bisa bertahan. Perekonomian masih berjalan seperti biasanya, hanya perputaran duitnya sedikit berkurang


Jadi ada apa gak yang bisa kita lakukan untuk menghindari Resesi ga?
Ada satu cara sih, cuman susah banget, Kalau sajah setiap manusia bisa menghilangkan Greed. Greed / keserakahan adalah kunci dari business cycle.

Mau dibahas ga Greed itu? nanti gue bikin blog lagi, tentang keserakahan itu bisa sampai 2 atau 3 blog nih..

MORALE
Ceteris Paribus / All other things being equal / dengan hal-hal lainnya yang tetap sama, Business cycle adalah pasti, yang bisa kita lakukan adalah memperpendek jangka waktunya

Alobert,Rakus!

No comments: